EKSPLORASI GOWE NILARE TERHADAP KONSEP GEOMETRI
Abstract
Matematika merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, sedangkan budaya adalah gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok atau masyarakat. Di Nias Selatan yang kaya akan budaya dapat menjadi sumber referensi bagi guru matematika untuk menciptakan media pembelajaran. Kebudayaan yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran matematika yaitu budaya “gowe nilare”. Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di desa Hilisao’oto Kecamatan Sidua’ori Kabupaten Nias Selatan. Karena bentuk gowe nilare di Desa Hilisao’oto yang merupakan objek wisata yang dikunjungi oleh banyak orang. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa didalam gowe nilare terdapat bentuk konsep matematika jika dilihat dari bentuknya terdapat konsep lingkaran, kerucut terpancung, dan tabung dapat sehingga gowe nilare ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika khususnya pada materi lingkaran, kerucut terpancung, dan tabung. Sehingga peneliti menyarankan agar gowe nilare ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran khususnya pada materi lingkaran, kerucut terpancung, dan tabung dan budaya Nias lainya yang dapat dikaji dari sudut pandang tertentu sehingga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.