EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 15 MEDAN PADA MATERI LINGKARAN

  • Adi S Situmorang
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning,, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model discovery learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX pada materi lingkaran. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif jenis kuasi eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX dan sampelnya yaitu kelas IX-4 dan IX-5. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil hitung uji-t pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan rata-rata antara model discovery learning dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata N-Gain score kelas eksperimen adalah 60,9% artinya model discovery learning termasuk dalam kategori cukup efektif. Jika ditinjau dari indikator penetapan efektivitas: (1) kualitas pembelajaran dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan N-Gain sebesar 60,9%; (2) kesesuaian tingkat pembelajaran berada pada kategori ‘’baik’’ dengan nilai 3,71; dan (3) waktu pembelajaran berada pada kategori ‘’baik’’ dengan nilai 4,3, maka dapat disimpulkan model discovery learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP Negeri 15 Medan pada materi lingkaran.

References

Ayuningtyas, P. 2019. The Implementasi Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 45-54.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Hamzah, F. N. 2022. Peningkatan Pemahaman Rumus Luas Segitiga Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Siswa Kelas VII D MTs Negeri Kota Madiun Tahun Pelajaran 2021/2022. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 202-214).
Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. 2018. Kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP pada materi lingkaran. Prisma, 7(1), 1-10.
Khairunnisa, D. 2019. Studi Literatur Mengenai Pendekatan Problem Posing Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11.
Ni'mah, F., Akbar, T., & Palupi, M. S. (2023). Pendidikan Islam Di Tengah Era Revolusi Industri 4.0. Tsurayya, 2(1), 29-36. http://jurnal.staimempawah.ac.id/index.php/tsurayya/article/view/30
Novtiar, C., & Aripin, U. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119-131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
OECD. 2019. PISA 2018 results (Volume I) what students know and can do. Paris: OECD Publishing.
Putri, F.M., Darmawijoyo, & Susanti, E. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11.
Sinaga, Samuel Juliardi. 2016. Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematik dan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Discovery Learning dan Direct Instruction di Kelas VII SMP Swasta Ampera Batang Kuis. Masters thesis, UNIMED.
Samarenna, D. (2020). Dunia pendidikan pengajaran di era new normal. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 5(2), 135-147. https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.47
Situmorang, A. S., & Sinaga, D. F. (2022). Analysis of numeracy literacy skills of students on the Pythagorean Theorem material in Class VIII UPT SMP Negeri 7 Medan TA 2021/2022. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.242
Somakin. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Forum MIPA, 14(1), 42-48
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, H., Waluya, S. B., & Artikel, S. 2018. Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38-47
Published
2023-06-08