Analisis Kesulitan Mahasiswa Matematika Dalam Integral Dasar

  • Siprianus Suban Garak Universitas Nusa Cendana
Keywords: kesulitan, teknik integral

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal teknik integral dasar.  Data diperoleh melalui test dan wawancara.  Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan.  Selanjutnya analisis data dilakukan secara deskrptif kualitatif dengan metode induktif.

Hasil penelitian mengungkapkan kesulitan utama mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal teknik integral dasar adalah kesulitan dalam membedakan bentuk-bentuk integral.  Kebanyakan mahasiswa masih mengalami kendala dalam membedakan bentuk-bentuk  integral seperti 11_-_Copy.png, 11_-_Copy_(2).pngdan 11_-_Copy_(3).png.  Hal ini terjadi karena ketiga bentuk tersebut kelihatan hampir sama jika dinyatakan dalam soal-soal.  Kebanyakan mahasiswa mengarahkan penyelesaian dari bentuk 11_-_Copy.png kedalam bentuk 11_-_Copy_(2).png dan 11_-_Copy_(3).png.   atau sebaliknya mereka menggunakan metode penyelesaian dari 11_-_Copy_(3).png untuk soal-soal bentuk 11_-_Copy.png dan  11_-_Copy_(2).png,.  Kebanyakan mahasiswa juga tidak mampu membedakan bentuk 11_-_Copy.png  yang dinyatakan dalam pembilang dan penyebut dengan bentuk 11_-_Copy_(2).pngdan 11_-_Copy_(3).png.   Dengan demikian sering diperoleh hasil  dari   dalam bentuk logaritma natural dan arcus tangen.

References

Amelia, S., & Yadrika, G. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Integral. In Jurnal Ilmiah Dikdaya (Vol. 9, Issue 1). Online. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.132
Dale, V., Purcell, E. J., & Rigdon, S. (2007). Calculus ( Ninth Edition ) - Varberg, Purcell, Rigdon.
Fahrurrozi, F., Haliliah, H., Hayati, N., & Rastini, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Integral Siswa SMAN 2 Aikmel. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(2), 27–35. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i2.193
Machromah, I. U., Eriska, M., & Purnomo, R. (2017). PROCESS SKILL ERROR: THE MAJORITY STUDENT’S ERROR IN PROBLEM SOLVING OF INTEGRAL CALCULUS. 5(3).
Monariska, E.-. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Published
2023-12-01