Analisis Kesulitan Mahasiswa Matematika Dalam Integral Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal teknik integral dasar. Data diperoleh melalui test dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Selanjutnya analisis data dilakukan secara deskrptif kualitatif dengan metode induktif.
Hasil penelitian mengungkapkan kesulitan utama mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal teknik integral dasar adalah kesulitan dalam membedakan bentuk-bentuk integral. Kebanyakan mahasiswa masih mengalami kendala dalam membedakan bentuk-bentuk integral seperti ,
dan
. Hal ini terjadi karena ketiga bentuk tersebut kelihatan hampir sama jika dinyatakan dalam soal-soal. Kebanyakan mahasiswa mengarahkan penyelesaian dari bentuk
kedalam bentuk
dan
. atau sebaliknya mereka menggunakan metode penyelesaian dari
untuk soal-soal bentuk
dan
,. Kebanyakan mahasiswa juga tidak mampu membedakan bentuk
yang dinyatakan dalam pembilang dan penyebut dengan bentuk
dan
. Dengan demikian sering diperoleh hasil dari dalam bentuk logaritma natural dan arcus tangen.
References
Dale, V., Purcell, E. J., & Rigdon, S. (2007). Calculus ( Ninth Edition ) - Varberg, Purcell, Rigdon.
Fahrurrozi, F., Haliliah, H., Hayati, N., & Rastini, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Integral Siswa SMAN 2 Aikmel. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(2), 27–35. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i2.193
Machromah, I. U., Eriska, M., & Purnomo, R. (2017). PROCESS SKILL ERROR: THE MAJORITY STUDENT’S ERROR IN PROBLEM SOLVING OF INTEGRAL CALCULUS. 5(3).
Monariska, E.-. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.