PEMANFAATAN PENGGUNAAN INFOKUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA DI SUMATERA UTARA
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi penggunaan Infokus dalam pembelajaran matematika di SMA di Sumatera Utara dengan studi literasi. Infokus dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep matematika dengan lebih baik, memahami materi pelajaran dengan lebih mudah, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Kendala seperti keterbatasan akses internet membutuhkan solusi agar penggunaan Infokus dapat dioptimalkan. Oleh karena itu, penggunaan Infokus harus dipertimbangkan dengan baik dan dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.
References
Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some universals in language usage. Cambridge University Press.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Kemendikbud. (2016). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). Permendikbud Nomor 14 Tahun 2020 tentang Guru Beserta Lampirannya. Jakarta: Kemendikbud.
Mayring, P. (2014). Qualitative content analysis: Theoretical foundation, basic procedures and software solution. Klagenfurt, Austria: Social Science Open Access Repository.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Prasetyo, A., & Wahyudi, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Infocus Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Depok. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 156-163.
Fitriani, L. D., & Maftuhah, R. (2019). Penerapan Infocus dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(1), 24-31.
Sari, I. P., & Yulianti, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Infokus pada Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 37-46.
Wahyuni, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Infokus pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 2(2), 117-123.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Istiqomah, N., & Rahman, M. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Infokus pada Pembelajaran Matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 118-125.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.