HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA KOTA MEDAN YANG MENGIKUTI KULIAH ONLINE

  • L Sarah Olivia Sihombing Universitas HKBP Nommensen
  • Ervina Marimbun Rosmaida Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Karina Meriem Beru Brahmana Universitas HKBP Nommensen
  • Ermawaty Ermawaty
Keywords: Self-Efficacy, Self-Regulated Learning, Kuliah online

Abstract

Pandemi covid-19 membuat banyak aktivitas harus dilakukan dirumah, salah satunya yang hingga kini terus dilakukan adalah belajar dirumah. Banyak perguruan tinggi di kota Medan yang menerapkan sistem kuliah online atau e-learning. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan keterampilan belajar berupa self-regulated learning. Salah satu hal yang mempengaruhi self-regulated learning adalah Self-Efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self-Efficacy dengan Self-Regulated Learning mahasiswa di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional  dengan sampel penelitian sebanyak 272 mahasiswa di Kota Medan yang diambil dengan metode Stratified Sampling. Tenik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah product moment. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Self-Efficacy dengan Self-Regulated Learning sebesar 0,560 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,05).

References

Abicondro, N. & Alfi P. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Humanitas, 7(1), 17-27
Bandura, A. (1997).
Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: Freeman.
Dabbagh, N. & Bannan-Ritland, B. (2005). Online learning: Concept, strategies, and application. New Jersey: Pearson education, Inc.
Fudyartanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Global Jakarta.
Jagad, H. K. M., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Self Regulated Learning pada Siswa SMPN X. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 5(3).
Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putry, N., Armen., & Putri, D.H. (2017). Hubungan Kemampuan Self-Regulated Learning Dengan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 3 Padang. Jurnal Biosains, 1(2), 210-216.
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-Regulated Learning (Srl) Dengan Prokrastnasi Akademik Pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1).
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis. Teorema, 1(2), 39-44.
Spitzer, T. (2000). Predictor of College Success: A Comparison of Traditional and Contarditional Age Students. Naspa Journal, 38, 82-89.
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Journal of Educational Psychology, 25(1), 3-17. doi: 10.1207/ s15326985ep2501_2
Published
2022-02-28