Sikap Tenaga Pendidik dalam Menjalankan Kebijakan Pembelajaran on-line di Kota Jayapura

  • Robinhot Sagala Universitas Sains Dan Teknologi Jayapura
Keywords: Sikap, WFH, Tenaga Pendidik, Wacana

Abstract

ABSTRAK

Tenaga pendidik mempunyai peran yang penting dalam mendidik dan mengarahkan. Tenaga pendidik tidak hanya yang berperan mengajarkan pengetahuan tetapi juga membentuk mental dan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sikap yang dimiliki tenaga pendidik, guru dan dosen, dalam menjalankan kebijakan WFH. Sikap yang dimaksud adalah sikap yang didasarkan pada komponen kognisi, afeksi, dan konasi. Penelitian ini melibatkan profesi guru dan dosen sebagai respondent dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif.  Data yang dikumpulkan pertama-tama dikalsifikasi kemudian dianalisa dengan menggunakan komponen sikap dan dipaduhkan dengan analisis wacana kritis yang berfokus pada rana tektual. Dalam rana tekstual melibatkan aspek semantiks, sintksis, stalistik dan retorika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada komponen sikap khusunya kognisi melibatkan kata implisit dalam bentuk tindakan dan strategi yang diterapkan. Kata implisit itu menyatakan dengan jelas bahwa kebijakan WFH disetujui oleh tenaga pendidik di Jayapura. Bentuk sikap tersebut melibatakan kata kerja mental seperti setuju, mengikuti, mematuhi, dan mendukung. Sedangkan pada komponen afeksi menimbulkan rasa yang positif dan berujung pada suatu reaksi konasi yang bentuk tindakan mengajar dan saran tenaga pendidik mengenai situasi WFH di tengah pandemic Covid-19. Pada aspek tekstual menunjukkan rana semantiks yang menyiratkan makna selain itu menunjukkan adanya pemaknaan mengenai penggunaan istilah seperti virtual, zoom, dan meeting. Pada rana sintaksis menampilkan kata kunci yaitu leksikon yang menyatakan hubungan sebab akibat. Pada sisi lain bentuk retorika diperlihatkan dengan adanya analogi yang menyatakan dengan tegas bahwa tenaga pendidik di kota Jayapura siap dan tetap menjaga prefesionalisme sebagai tenaga pendidik walupun di tengah pandemi Covid-19.

References

DAFTAR PUSTAKA
Azwar S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baron, Robert A & Donn, Byrne. 2003. Psikologi Sosial Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Darmawan, Dadang & et al. 2020. Sikap Keberagamaan Masyarakat Muslim Menghadapi Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya ISSN: 2528-7249 (online) ISSN: 2528-7230 (print).
Fairclough, N. (1995). Critical discourse analysis: the critical study of language. London and New York: Longman Inc.
Grice, H. Paul. 1981. Presupposition and Conversational Implicature. New York: Academic Press.
Jorgensen, M.W., & Phillips, L.J. (2001). Discourse analysis: theory and method, alih bahasa Imam Suyitno, Lilik Suyitno & Suwarna. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kridalaksana, H. (2008). Kamus linguistik (ed. IV). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mungkasa, Oswar. 2020. Bekerja Jarak Jauh (Telecommuting): Konsep, Penerapan dan Pembelajaran. Bappenas Working Papers Vol. 3 No. 1 Tahun 2020.
Nababan, P. J. W. (1987). Ilmu pragmatik: ilmu dan penerapannya. Jakarta: Depdikbud.
Nilles, J.M., 1988. “Traffic Reduction by Telecommuting: A Status Review and Selected Bibliography”. Transportation Research, 22 A, pp. 301-317
Notoatmodjo, S.2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Organisasi Perburuhan Internasional (ILO). 2020d (23 Maret). Tanya Jawab Standar ILO dan COVID-19 (coronavirus). Ketentuan utama standar ketenagakerjaan internasional yang relevan dengan wabah COVID-19 yang terus berkembang. NORMES. Versi 1.2. Tersedia di:
https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---ed_normnormes/documents/publication/wcms_739937.pdf
Purwanto, Agus & et al. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN online : 2716-4446.
Rakhmat, Jalaluddin. 2008. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Ruminda. 2016. Semantic Categories of Reporting Verbs in Online News Articles. Jurnal al-Tsaqafa Volume 13, No. 01, Januari 2016.
Sadikin,Ali & Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2580-0922 (online), ISSN 2460-2612 Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020, Hal. 214-224.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 1999. Psikologi Sosial (Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial). Balai Pustaka. Jakarta.
Sudiro, Achmaddudin & Watimena, Like. 2020. Sikap dan Prilaku Masyarakat Indonesia Terhadap Pandemi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Volume 7, No. 3, 2020/DOI :10.32539/JKK.V7I3.11275 p-ISSN 2406-7431; e-ISSN 2614-0411.
Sukesih & et al. 2020. Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.11 No.2 (2020) 258-264.
Swastika, G L Dewi & Esther, Jennifer. 2020. Critical Discourse Analysis dalam Catatan Minggu: Teks dan Praksis dalam Narasi Urban. Kajian Jurnalisme Volume 04 Nomor 01 Tahun 2020 DOI: 10.24198/jkj.v4i1.27276.
Tasmara, Toto. 1997. Komunikasi Dakwa. Jakarta Gaya Media Pratama.
Tuafirakman, 2014. Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama (Pers)
Tuloli, Nani. 2000. Kajian Sastra. Gorontalo: Nurul Jannah.
Ulinnuha, R., & et al (2013). Critical discourse analysis: Theory and method in social and literary framework. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 2(2), 262-274.
Van Dijk, T. A. (1995). Aims of critical discourse analysis. Japanese Discourse, 1(1), 17-27.
Verdonk, Peter. 2002. Stylistics. New York: Oxford University Press.
Published
2021-02-13