PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KERJA KONTRA PRODUKTIF PADA KARYAWAN PT. AGRA BUMI NIAGA ACEH

  • Dwi Nursiti USM INDONESIA
Keywords: Kontrol Diri, Perilaku Kerja Kontraproduktif

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap perilaku kerja kontraproduktif, penelitian dilakukan di PT Agra Bumi Niaga Aceh, dengan hipotesa menyatakan bahwa kontrol diri memilki pengaruh dengan perilaku kerja kontraproduktif. Sampel berjumlah 118 orang dengan teknik random sampling. Dengan menggunakan bantuan software SPSS 22, uji korelasi Product Moment menunjukkan hubungan bernilai  r = - 0.562 dengan p= 0.000 (p<0,05) yang mengindikasikan bahwa hubungan yang terjadi bermakna negative. Uji pengaruh dilakukan dengan menggunakan uji regresi dan menunjukkan hasil bahwa kontrol diri berkontribusi sebesar 35,7 % dan sisanya 64,3 % dipengaruhi oleh factor lain.

                                                                          

Kata Kunci : Kontrol Diri, Perilaku Kerja Kontraproduktif

References

Agus, N., Seger., H. 2013. Hubungan Antara Keadilan Distributif dan Perilaku kerja Produktif Dengan Mengontrol Leader Member Exchange. Jurnal Psikologi. Vol. 2 No. 3.
Ajzen, I. 2005. Attitides, Personality, and Behaviour. New York : Open University Press
Budiman. 2015. Pengaruh Kualitas Hubungan Antara Atasan-Bawahan Terhadap Perilaku kerja Kontraproduktif. PSIKIS – Jurnal Psikologi Islam. Vol 1. No. 2
Dwi, galih Prdi. 2018. Efektivitas Pelatiha Kontrol Diri untuk Mengurangi Perilaku Kerja Kontraproduktif pada Karyawan CV. Mikindo Berka Abadi. Skripsi Universitas Brawijaya.
Iga & Dewi. 2012. Hubungan antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 2 No. 3.
Nurhayati. 2015. Hubungan Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Kerja Pada Pegawai PT PLN Rayon Samarinda Ilir. Jurnal Psikologi Vol 1 No 2.
Permatasari, M. 2012. Pengaruh Gaya Berfikir, Integritas dan Usia pada Perilaku Kerja yang Kontraproduktif. Jurnal Psikologi Ulayat, Vol 1 No 2.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian. Jakarta : Rosdakarya
Widi, Prawira Aditya. 2017. Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku kerja Kontraproduktif pada Aparatur Sipil Negara Kota Batu. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.
Published
2021-02-06