Pengaruh Kebersihan Bahan Bakar Dengan Modifikasi Pada Purifier Fuel Oil Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Kapal

  • Jonathan Matthaeus Nduru Universitas Tarumanagara
  • Harto Tanujaya Universitas Tarumanagara
  • Steven Darmawan Universitas Tarumanagara

Abstract

Kebersihan dan kemurnian bahan bakar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi efisiensi dan performa suatu mesin. Bahan bakar yang digunakan dalam penelitian ini adalah solar tipe B30 dan digunakan untuk menjalankan mesin penggerak utama tipe kapal tunda. Dalam setiap proses bunkering atau pengisian bahan bakar kapal sering dijumpai bahan bakar yang bercampur dengan air, mengandung pasir, lumpur dan endapan lainnya yang dapat menyebabkan penurunan performa dan kerusakan komponen mesin seperti injektor. Sehingga digunakan mesin bantu untuk menyaring bahan bakar yaitu fuel oil purifier. Namun kinerja purifier tersebut kurang optimal karena kandungan air dan pasirnya yang besar, sehingga dilakukan proses modifikasi yaitu penambahan komponen filter separator yang menjadi dasar penelitian. Awalnya bahan bakar melewati 2 proses filtrasi dan dengan proses modifikasi menjadi 3 kali proses filtrasi untuk memudahkan kinerja fuel oil purifier dan bahan bakar yang dikonsumsi mesin induk menjadi lebih jernih. Sebelum proses modifikasi, tenaga indikator mesin sebesar 1593 HP dengan daya efektif 1600 HP, sedangkan setelah dilakukan modifikasi tenaga mesin bertambah dengan tenaga indikator menjadi 1606 HP dan daya efektif 1620 HP.

References

[1] F. Elo Luku, Adnan and Agustina, "Analisis Proses Purifikasi Fuel Oil Di KM Banyuwangi," Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, vol. 03, pp. 1-22, 2019.
[2] P. Senda, T. Tona and J. Michael Lewar, "Analisis Tidak Normalnya Proses Purifikasi Pada Fuel Oil Purifier Di Kapal MT. Gas Melawi," Venus, vol. 09, pp. 35-47, 2021.
[3] S. E. Susilowati and D. Sumardiyanto, "Pengaruh Tekanan Pompa Bahan Bakar Tekanan Tinggi Terhadap Kinerja Mesin," Jurnal Kajian Teknik Mesin, vol. 3, no. 2, pp. 98-105, 2018.
Published
2023-08-29
How to Cite
Nduru, J., Tanujaya, H., & Darmawan, S. (2023). Pengaruh Kebersihan Bahan Bakar Dengan Modifikasi Pada Purifier Fuel Oil Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Kapal. SPROCKET JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING, 5(1), 24 - 34. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sprocket.v5i1.1171