Jurnal Suluh Pendidikan https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp <p style="text-align: justify;">Jurnal Suluh Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu Maret dan September namun sejak tahun 2024, <em><strong>Jurnal Suluh Pendidikan terbit pada bulan Maret dan Agustus</strong></em>. Penerbitan jurnal ini sebagai sarana mempublikasi karya ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada <em><strong>bidang pendidikan</strong></em>. Artikel ilmiah yang dikirim merupakan naskah asli penelitian/kajian dan belum dipublikasi di jurnal lain.&nbsp;</p> en-US <p>&nbsp;<strong>Hak Cipta:&nbsp;</strong></p> <p>Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:</p> <ol> <li>Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.</li> <li>Penulis mengakui bahwa Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan&nbsp;<a href="https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/" target="_blank" rel="noopener">Creative Commons Attribution 4.0 International License</a>&nbsp;(<span class="cc-license-title">Attribution 4.0 International&nbsp;</span><span class="cc-license-identifier">(CC BY 4.0)).</span></li> <li>Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Jurnal Suluh Pendidikan.</li> </ol> kammer.sipayung@uhn.ac.id (Dr. Kammer Tuahman Sipayung, M.Pd) dearlina.sinaga@uhn.ac.id (dearlina Sinaga) Sun, 03 Nov 2024 20:07:39 +0700 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN CONTEKSTUAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SOMOLOMOLO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1713 <p>Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran IPS, bahan ajar yang dimiliki oleh sekolah dalam kegiatan proses pembelajaran sangat kurang, tidak adanya modul pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui kelayakan isi, bahasa, dan desain modul, b) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul, c) untuk mengetahui tingkat efektifitas modul pembelajaran IPS. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrument yang digunakan&nbsp; adalah angket validasi&nbsp; untuk validator ahli isi dan materi, ahli bahasa, dan ahli media, angket respon untuk peserta didik. Analisis data diperoleh dengan mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari setiap validator, guru mata pelajaran, dan peserta didik. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada aspek kelayakan isi dan materi adalah 97%&nbsp; dengan total skor 92. Pada kelayakan isi dan materi oleh guru mata pelajaran&nbsp; mendapatkan 95% dengan total skor 92. Passda kelayakan bahasa mendapatkan 96% dengan total skor 61. Dan pada kelayakan desain mendapatkan 100% dengan total skor 80, sehingga dinyatakan sangat valid. Sedangkan untuk respon peserta didik untuk uji perseorangan mendapatkan 75% dengan total skor 45. Uji kelompok kecil mendapatkan 91,6% dengan total skor 110. Sedangkan untuk respon peserta didik uji lapangan mendapatkan 91,1% dengan total skor 565 dan dinyatakan sangat praktis. maka, dapat disimpulkan bahwa modul IPS yang dikembangkan&nbsp; sangat layak untuk&nbsp; sebagai bahan ajar IPS.</p> Agusmawati Lawolo, Arianto Lahagu, Eka Septianti Laoli, Yearning Harefa ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1713 Sun, 12 Jan 2025 22:03:44 +0700 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MAZO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1717 <p>Penerapan model pembelajaran <em>Contextual Teaching and Learning</em> yang diterapkan oleh peneliti. Peneliti ini menerapkan model pembelajaran <em>Contextual Teaching and Learning</em> dengan tujuan&nbsp;&nbsp; untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian tindakan kelas&nbsp; pelaksaanya: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus menggunakan teknik pengumpulan data, lembaran observasi, evaluasi dan lembaran penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran <em>Contextual Teaching and Learning</em>. Hal ini dapat dilihat dari lampiran penilaian siklus I adalah rata- rata nilai sebesar 61,13. sedangkan pada siklus II dengan rata - rata nilai adalah 80,2. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 48,26%. Pada pertemuan kedua adalah 56,66%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama adalah 68,8%. Dan pertemuan kedua adalah 81,66%. Hasil observasi peneliti terhadap Guru pada siklus I pertemuan pertama adalah 51,66%. Dan pada pertemuan kedua adalah 58,33%. Sedangkan pada siklus I pertemuan pertama adalah 70%. Dan pada pertemuan kedua adalah 80%. Dari hasil peniliti yang dapat dikumpulkan bahwa dapat disimpulkan model pembelajaran <em>Contextual Teaching And Learning</em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa&nbsp; pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Mazo Tahun pelajaran 2023/2024.</p> Yusnidar Tridewi Mawati Giawa, Yearning Harefa ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1717 Sun, 12 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA T.P 2023/2024 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1714 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Observasi awal menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar masih rendah, yang berdampak negatif pada hasil belajar mereka. Indikator rendahnya motivasi termasuk kurangnya dorongan pribadi, ketergantungan pada contekan, dan ketidakaktifan dalam berinteraksi dengan guru. Motivasi belajar merupakan faktor internal yang penting dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Sejalan dengan pendapat Riyanti (2021:522), motivasi dianggap elemen penting dalam pendidikan dan pelaksanaan tugas sehari-hari. Siswa dengan motivasi belajar tinggi cenderung memiliki sikap positif dan hasil belajar yang baik, sedangkan siswa tanpa motivasi belajar akan menunjukkan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa dari total populasi 216 siswa. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian dan dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa, dengan nilai t-hitung sebesar 4,266 yang lebih tinggi dari t-tabel 1,674. Koefisien Determinan menunjukkan bahwa motivasi belajar berkontribusi sebesar 50,41% terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulannya, motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, namun perlu upaya lebih lanjut untuk meningkatkan motivasi guna mencapai hasil belajar yang lebih baik.<strong><em>Motivasi belajar</em></strong></p> Reny nisker zendrato, Yearning Harefa, Arianto Lahagu, Asali Lase ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1714 Sat, 11 Jan 2025 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 HILIDUHO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1716 <p>Modul ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran atau rancangan pembelajaran yang berlandaskan pada kurikulum yang berlaku yang diaplikasikan dengan tujuan untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan jenis penilitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul ajar, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket.Responden dalam penelitian ini ialah 11 guru yang menggunakan&nbsp; modul ajar dan informan peneliti adalah 5 orang siswa kelas VII. Analisi data yang digunakan dengan rumus P=F/NX100%. Metode keabsahan data menggunakan metode&nbsp; validitas logis.&nbsp; Penggunaan&nbsp; modul ajar&nbsp; pada kurikulum merdeka kelas VII Di SMP Negeri 2 Hiliduho berada dalam&nbsp; kategori efektiv / baik, baik secara pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, proses belajar mengajar komunikatif, respon peserta didik,aktivitas belajar, dan hasil belajar. Dapat dilihat berdasarkan presentase angket&nbsp; efektivitas&nbsp; penggunaan&nbsp; modul&nbsp;&nbsp;&nbsp; ajar secara keseluruhan yaitu 80,60% berada pada rentang 70%-90%.</p> Inne Febriyanti Gea, Bezisokhi Laoli ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1716 Sun, 12 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 SAWO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1715 <p>Penelitian ini ingin mengetahui proses pembelajaran melalui penerapan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang menggunakan angka dan statistik dalam mengumpulkan dan menganalisis data yang dapat diukur. Tindakan yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah melalui observasi dan penyebaran angket dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial siswa. Hal ini dapat dilihat dari tabulasi penilaian pengumpulan data untuk nilai uji validitas yaitu sebesar 0,694 sedangkan untuk uji reliabilitas sebesar 0,279, nilai koefisien korelasi ru sebesar 0,696, 0,600 – 0,800. Uji validitas angket pendidikan karakter diperoleh nattung = 0,694 pada tabel untuk N = 50 dan taraf signifikansi 5% (a = 0,05) diperoleh itabel = 0,279. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlu adanya penerapan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas.</p> <p>&nbsp;</p> Novimurni Telaumbanua, Asali Lase, Eka Septianti Laoli, Bezisokhi Laoli ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1715 Sun, 12 Jan 2025 00:00:00 +0700 DESKRIPSI DAN EKSPLORASI TEKNIK PERMAINAN DAN PENULISAN KARYA GAVOTTE AND RONDEAU KARYA JOHANN SEBASTIAN BACH https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1683 <p>This study discusses the interpretation and writing techniques of Johann Sebastian Bach's Gavotte and Rondeau. The techniques used are interpretation techniques based on musical elements such as dynamics, tempo, and playing techniques in the form of Speed, Power, Trill, Slur, Bare, Vibrato, Slide, Apoyando, and Tirando techniques. This study also explains the difficulties experienced by the author when presenting Gavotte and Rondeau in a recital exam and how to overcome them during the practice process. The very basic level of complexity in this Gavotte and Rondeau is aligning the tempo with the speed of hand movement and the articulation of the notes played.</p> Rizki Sozanolo Gulo, Kartini Manalu ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/1683 Sun, 03 Nov 2024 00:00:00 +0700