ANALYSIS ON PRONUNCIATION ERRORS MADE BY FIRST SEMESTER STUDENTS OF SMA SWASTA RUMAH HARAPAN GRADE XI
Abstract
Abstrak
Studi ini menyelidiki kesalahan pengucapan yang dilakukan oleh siswa Kelas XI semester pertama di SMA Swasta Rumah Harapan (HOPE SCHOOL) dalam pembelajaran bahasa Inggris mereka. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkategorikan, dan menganalisis kesalahan pengucapan yang umum, mengeksplorasi kemungkinan penyebab dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 20 siswa melalui tes pengucapan, wawancara terekam, dan observasi terstruktur. Hasilnya menyoroti bahwa kesalahan pengucapan berasal dari perbedaan fonologis antara bahasa pertama siswa dan bahasa Inggris, keterbatasan paparan terhadap model pengucapan autentik, dan kurangnya fokus pada fonetik dalam kurikulum. Banyak siswa bergantung pada pembelajaran berbasis teks tertulis, yang tidak mengembangkan keterampilan pengucapan mereka secara memadai. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan penelitian masa depan tentang kesulitan pengucapan bahasa kedua, yang pada akhirnya mendukung penguasaan bahasa Inggris yang lebih baik bagi siswa Indonesia