ANALYSIS OF PRONUNCIATION IN READING TEXTS BY 11TH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 1 DOLOK MERAWAN

  • serlinda wati kartika SMA Negeri 1 Dolok Merawan
Keywords: Pronunciation, reading, phonetic English learning, secondary education

Abstract

Abstrak Pengucapan memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam membaca nyaring, karena memengaruhi pemahaman dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemahiran pengucapan siswa kelas 11 di SMA N 1 Dolok Merawan saat membaca teks bahasa Inggris. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk meneliti kesalahan pengucapan yang umum, jenisnya, dan kemungkinan penyebabnya. Data dikumpulkan melalui tes membaca dan direkam untuk analisis fonetik. Temuan menunjukkan bahwa siswa umumnya kesulitan dengan bunyi vokal, gugus konsonan, dan tekanan kata, yang dipengaruhi oleh interferensi bahasa ibu mereka dan kurangnya kesadaran fonetik. Penelitian ini menyoroti perlunya instruksi dan praktik pengucapan yang eksplisit dalam kurikulum bahasa Inggris untuk meningkatkan akurasi berbicara siswa. Disarankan agar guru memasukkan pelatihan fonetik dan latihan pengucapan interaktif untuk meningkatkan keterampilan pengucapan siswa.
Published
2025-07-01