PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG

  • Stefanus Konrad Glory Konrad Glory universitas nusa cendana
  • Markus yewang
  • Rolens Riwu Manu
Keywords: motivasi, persepsi profesi, minat, guru ekonomi, mahasiswa.

Abstract

Abstrak: Meneliti bagaimana mahasiswa Universitas Nusa Cendana yang mempelajari pendidikan ekonomi termotivasi dan bagaimana mereka memandang profesi guru dalam kaitannya dengan keinginan mereka untuk menjadi guru ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode survei secara kuantitatif. Pada tahun ajaran 2023–2024, mahasiswa yang terdaftar pada Program Studi Pendidikan Ekonomi diberikan kuesioner yang harus diisi guna mengumpulkan data. Minat mengajar ilmu ekonomi merupakan variabel terikat dalam penelitian ini, sedangkan motivasi dan pendapat mengenai profesi guru merupakan variabel bebas. Regresi linier berganda merupakan metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana persepsi dan motivasi mempengaruhi minat siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat menjadi guru ekonomi dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh motivasi dan persepsi terhadap profesi guru. Minat siswa sebagian besar dipengaruhi oleh unsur motivasi intrinsik, seperti keinginan untuk mendukung pendidikan dan pertumbuhan pribadi serta pandangan yang baik terhadap mengajar sebagai panggilan mulia. Berdasarkan temuan studi tersebut, minat siswa untuk berkarir di bidang mengajar, khususnya di bidang ekonomi, dapat dirangsang oleh inisiatif untuk meningkatkan motivasi dan pendapat yang mendukung profesi guru.

Kata Kunci: motivasi, persepsi profesi, minat, guru ekonomi, mahasiswa.

Abstract: Examining how Nusa Cendana University students studying economics education are motivated and how they view the teaching profession in relation to their desire to become economics teachers. This research uses a quantitative survey method. In the 2023–2024 academic year, students registered in the Economic Education Study Program are given a questionnaire that must be filled out in order to collect data. Interest in teaching economics is the dependent variable in this research, while motivation and opinions about the teaching profession are independent variables. Multiple linear regression is a data analysis method used to determine the extent to which perception and motivation influence student interest. Research findings show that interest in becoming an economics teacher is influenced positively and significantly by motivation and perceptions of the teaching profession. Student interest is largely influenced by elements of intrinsic motivation, such as a desire to support educational and personal growth as well as a favorable view of teaching as a noble calling. Based on the study's findings, students' interest in a career in teaching, especially in economics, can be stimulated by initiatives to increase motivation and opinions that support the teaching profession.

Keywords: motivation, professional perception, interest, economics teacher, students.

Published
2024-12-31