PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 10 KUPANG

  • Onesimus Ndori universitas nusa cendana
  • Jacob Abolladaka
  • Erika simanukalit
Keywords: Learning Model , Brainstorm, Learning Outcomes

Abstract

Abstrak : Studi tersebut didasarkan pada kegagalan peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Kupang. Studi tersebut menggunakan metodologi kuantitatif kuasi eksperimen. Dalam proses pengumpulan data digunakan tes dan soal. Studi ini mengikutsertakan 92 peserta didik SMA Negeri 10 Kupang yang berada di kelas X. Sampel penelitian ini ialah 60 siswa dari Kelas XB dan XC SMA Negeri 10 Kupang. Kelas XB menggunakan metode pembelajaran brainstorming, sementara Kelas XC menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data nilai thitung adalah 7,810 dan nilai ttabel adalah 1,672. Hasil perhitungan membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak karena t hitung > t tabel. Oleh karena itu, teori alternatif yang mengatakan bahwa hasil studi ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 10 Kupang dipengaruhi oleh model pembelajaran curah pendapat dapat diterima. Terdapat diferensiasi nilai hasil studi kelompok kontrol (XC) dan kelompok eksperimen (XB), dengan nilai rata-rata 68,33 dengan standar deviasi 10,199 dan nilai rata-rata 8,317 dengan standar deviasi 8,146.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Brainstorming, Hasil Belajar

Abstract: The study was based on student failures in economics subjects at SMA Negeri 10 Kupang. This study uses a quasi-experimental quantitative methodology. In the process of collecting data, tests and questions are used. This study included 92 students of SMA Negeri 10 Kupang who were in class X. This study included 60 students from XB and XC Classes as its sample  of SMA Negeri 10 Kupang. Class XB uses the brainstorming learning method, while Class XC uses conventional learning methods. Based on data analysis, the tcount value is 7.810 and the ttable value is 1.672. The calculation results prove that Ha is accepted and H0 is rejected because t counts > t table. Therefore, an alternative theory that says that the results of the economic study of class X students of SMA Negeri 10 Kupang are influenced by the brainstorming learning model are acceptable. There was a differentiation in the results of the control group (XC) and the experimental group (XB), with an average score of 68.33 with a standard deviation of 10.199 and an average value of 8.317 with a standard deviation of 8.146.

Keywords: Learning Model , Brainstorm, Learning Outcomes

Published
2024-12-31