PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG ANGKATAN 2020
Abstract
Fokus penelitian dilakukan untuk melihat implikasi jaringan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap ketertarikan berwirausaha siswa. Metode ex post facto yang digunakan dalam filsafat pemeriksaan kuantitatif. Representasi eksplorasi dalam penelitian ini berjumlah 73 mahasiswa, kemudian populasi dalam penelitian berjumlah 89 mahasiswa. Kusioner dan dokumentasi adalah pelengkap yang digunakan dalam ulasan ini. Meningat efek samping dari pemeriksaan relaps berbeda, diperoleh data t hitung dan t tabel ditentukan pada H1 yaitu 4,681 > 1,994 dan kualitas t hitung dan t tabel yang ditentukan pada H2 adalah 2,359 > 1,994. Hal ini menunjukan bahwa H1 yang diajukan lingkungan keluarga berdampak secara tegas terhadap keinginan berwirausaha, H2 yang diajukan adalah pembelajaran kewirausahaan sangat berdampak terhadap minat berwirausaha dengan diperoleh hasil uji F hitung > F tabel dan tingkat kepentingan < 0,05. Dapat dikatakan bahwa H3 diakakui atau minat berwirausaha saling dipengaruhi oleh Lingkungan Kelurga dan Pembelajaran Kewirausahaan.