PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Rendahnya hasil belajar partisipan didik dikelas XI IPS SMA Negeri 2 Kupang. Studi ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar peserta kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan anggota kelas kontrol yang menggunakan lebih banyak pendekatan pembelajaran tradisional. Metode riset menggunakan metodologi kuantitatif melalui pendekatan Kuasi Eksperimen. Populasi dalam riset ini segenap partisipan didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kupang dengan jumlah 142 siswa . Sampel pada riset ini 72 partisipan didik dengan teknik Purposive Sampling. Teknik mengumpulkan data dengan menerapkan observasi dan tes seperti pilihan ganda. Bersumber pada hasil analisis data diperoleh informasi jika t hitung = 2,319 dan t tabel = 1,6691. Mengingat temuan perhitungan t hitung melebihi t tabel, maka H0 terbantahkan dan Ha diterima, sehingga memungkinkan diterimanya hipotesis alternatif bahwa paradigma pembelajaran berbasis masalah di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kupang. Perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol 75,56 dan kelas eksperimen 80,00.