PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS UPTD SMP NEGERI 7 KUPANG

  • Marselia - Bora
Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS UPTD SMP N.7 Kupang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan proporsional sampling dengan jumlah sampel 112 siswa. Kuesioner digunakan untuk pengumpumpulan data. Sementara    SPSS versi 22 digunakan untuk menganalisis data. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Objek penelitian ini adalah siswa UPTD SMP Negeri 7 kupang kelas VII. Perhatian orang tua menjadi variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yaitu thitung sebesar 4,537 > ttabel sebesar 1,982, dengan sig = 0,000. Variabel motivasi belajar memberi pengaruh signifikan pada hasil belajar yaitu thitung    sebesar 6,652 > ttabel sebesar 1,982) dengan sig = 0,000. Secara bersama-sama variabel perhatian dan motivasi belajar memberikan pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa mata pelajaran IPS UPTD SMP Negeri 7 Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 36.232 > Ftabel    sebesar 3,08) dan tanda    0,000 < 0,05, maka kesimpulannya adalah Ho ditolak dan Ha nya di terima.

Published
2024-04-23