Perbedaan Model Pembelajaran PBL dengan Model Pembelajaran Biasa Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

  • Fransiskus Lot Labana Tumanggor SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan model PBL dan model biasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Batu Nanggar yang terdiri dari 7 kelas dan waktu penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan teknik random sampling didapat kelas VIII-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-2 kelompok kontrol. Hasil penelitian dengan uji-t diperoleh adanya perbedaan yang sinifikan antara kelas ekperimen dan kontrol. Dari hasil rata-rata peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh bahwa kelas yang diajari dengan model PBL lebih baik dibanding dengan kelas yang diajari dengan model biasa.
Published
2024-04-30
How to Cite
Tumanggor, F. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran PBL dengan Model Pembelajaran Biasa Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Derajat, 1(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/derajat/article/view/Pendidikan
Section
Articles