Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Antara Model Pembelajaran Problem Posing Dan Discovery Learning
Keywords:
Problem Posing, Discovery Learning, Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun Ajaran 2023/2024 untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara model pembelajaran problem posing dan discovery learning. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi untuk melihat pencapaian proses pembelajaran sudah sesuaI atau tidak dengan model pembelajaran dan tes untuk melihat perbedaan kemampuan pemahaman konsep serta siswa antara model pembelajaran problem posing dan discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian proses pembelajara problem posing adalah sebesar 4,8 dengan kategori “Sangat Baik” pencapaian proses pembelajaran discovery learning adalah sebesar 4,867 dengan kategori “Sangat Baik”. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang memperoleh model problem posing dengan discovery learning. Hal ini terlihat dari hasil uji statistika, dimana nilai probabilitas (sig.) untuk kedua pembelajaran lebih besar dari taraf signifikansi = 0,05 yang ditetapkan, sehingga H0 diterima. Namun secara matematis nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa berbeda
Published
2024-04-30
How to Cite
Nababan, R. (2024). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Antara Model Pembelajaran Problem Posing Dan Discovery Learning. Derajat, 1(1), 16-23. Retrieved from https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/derajat/article/view/1524
Issue
Section
Articles