Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Juli Antasari Sinaga* Pendidikan matematika Universitas HKBP Pematang Siantar, Indonesia, 21139. Juli.sinaga@uhnp.ac.id* Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
Keywords:
Model PBL, Berpikir Tingkat Tinggi.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Perdagangan yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII.C) dan sebagai kelas kontrol (VII.D). Hasil hitung pada kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai rata-rata kelas eksperimenµ_1= 46,00 dan nilai rata-rata kelas kontrol µ_2=24,75. disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 1 Perdagangan.
Published
2024-04-30
How to Cite
Sinaga, J. (2024). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Juli Antasari Sinaga* Pendidikan matematika Universitas HKBP Pematang Siantar, Indonesia, 21139. Juli.sinaga@uhnp.ac.id* Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh. Derajat, 1(1), 24-29. Retrieved from https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/derajat/article/view/1523
Issue
Section
Articles